• Pelantikan Bantara 2024


      Pramuka MAN Demak Menyelenggarakan Pelantikan Bantara pada 22 - 24 Juni 2024. Kegiatan ini wajib diikuti oleh seluruh peserta didik kelas X.

    Kegiatan ini diawali dengan upacara pembukaan, yaitu pada hari Jumat (22/6) yang diresmikan dengan prosesi adat ambalan, lalu disusul dengan penyematan tanda peserta, sebagai tanda simbolis, bahwa siswa telah resmi menjadi peserta Pelantikan Bantara. Dilanjutkan dengan sambutan-sambutan oleh wakil kepala bidang humas dan keagamaan. 

    Setelah acara pembukaan terlaksana dengan lancar, kegiatan dilanjut dengan Pemaparan Materi yang disampaikan khusus oleh narasumber dari Unit Bantu Pertolongan Pramuka (UBALOKA). Materi yang disampaikan meliputi kegiatan pramuka, salah satunya yaitu survival. 

    Pada pukul ± 19.15 diadakan kegiatan Api Unggun yang berjalan dengan hikmat. Di mana para peserta berdiri merenung dan menyaksikan bagaimana api unggun dinyalakan, untuk menemani malam-malam sunyi mereka. Setelah kegiatan berakhir, dilanjut dengan presentasi Hasta karya yang ditunjukkan oleh para calon bantara. Berbagai macam seni dan ketrampilan dipamerkan, seperti kemoceng, tempat sampah dan pengesat kaki. 

    Di tanggal 23 yang dimulai sekitar pukul ± 07.00 merupakan kegiatan survival bertahan hidup,  dengan perlengkapan yang telah mereka siapkan jauh hari. Kegiatan ini melatih mereka untuk mandiri, kreatif dan pantang menyerah dalam menghadapi berbagai tantangan. 

    Acara terus berlanjut ke Gedung IPHI untuk pemantapan SKU yang diuji langsung oleh Alumni Bantara. Setelah itu, mereka kembali ke MAN dan dilanjutkan dengan prosesi pelantikan yang ditandai dengan prosesi rumah adat dan penyiraman air bunga. Lalu kegiatan diakhiri dengan upacara penutup yang dilaksanakan pada Senin pagi (24 Juni).

  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

About us

NeoMag is a blogging Blogger theme featuring a sleek, stylish and modern design suitable for everyone who loves to share their stuff online.

Mengenai Saya

Foto saya
Kami adalah PERSMANDA, ekstrakulikuler jurnalistik man Demak. Blog ini merupakan salah satu karya kami, jadi silahkan menikmati dan jangan lupa tinggalkan tanggapanmu

Leadership Training Camp 2024

  Pramuka MAN Demak telah menggelar kegiatan Leadership Training Camp (LTC) yang bertempat di Bumi Perkemahan Candra Birawa pada tanggal 13-...

Cari Blog Ini

Cari Blog Ini