• PELANTIKAN DAN PENDIDIKAN DASAR PMR WIRA MAN DEMAK ANGKATAN 2023/2024

     


    Disaat kebanyakan remaja sedang nongkrong dan menikmati malam Minggu, Ekstrakurikuler PMR sedang mengadakan pelantikan anggota baru(17/6) .
    Acara yang diselenggarakan di MAN Demak tersebut dibuka secara simbolis dengan mengalungkan co card kepada dua perwakilan peserta, hal ini sebagai tanda dimulainya acara pelantikan dan diksar PMR angkatan 2023/2024.



    "Bodrek...... Obat sakit kepala" salah satu yel yel dari para anggota yang akan dilantik. Di waktu sore sampai malam diisi dengan game dan pentas seni, kemudian dilanjutkan dengan pembekalan materi oleh mas Agus Adib selaku pelatih PMR MAN Demak. Mereka diberi materi tentang tata cara evakuasi dan perawatan korban bencana. Para peserta mendengarkan dengan serius hingga membuat beberapa dari mereka mengantuk dan akhirnya istirahat tidur.
    Ninuninuninu, suara sirine menggelegar di jam 00.00, banyak kakak kakak PMR yang tergeletak di lapangan dengan kondisi yang terlihat menyedihkan. Para peserta bangun dengan kebingungan, ada yang oleng berjalan dengan lunglai, ada yang tak bisa bangun dan berbagai kejadian lucu lainnya. Di momen simulasi evakuasi ini, mereka berlatih secara langsung menangani korban bencana, dari mulai luka kepala, pendarahan di tangan,kaki, hingga ada yang tak sadarkan diri.



    Ini semua adalah cara melatih bagaimana mereka bisa bertindak dalan kehidupan nyata, bagaimana jika terjadi bencana sungguhan, mereka sebagai PMR harus tau tata cara perawatan korban. Setelah simulasi selesai, mereka diharuskan berjalan menuju 5 pos yang berbeda dimana setiap pos ada pertanyaan-pertanyaan yang menanti mereka, dari mulai sejarah hingga dasar dasar pengobatan.
    Setelah dijeda sholat subuh, peserta dilantik secara resmi menjadi PMR Wira MAN Demak. Kemudian pada acara penutup mereka mengucapkan Ikrar PMR Wira MAN Demak dan secara resmi mengakhiri acara pelantikan dan diksar PMR angkatan 2023/2024 (17-18/6). 



    "Pelantikan ini dilakukan guna membuat mereka pantas sebagai PMR Wira MAN Demak, dan semoga setelah pelantikan ini mereka bisa menjadi PMR yang sesuai dengan slogan acara ini, bergerak bersama untuk menolong sesama" ungkap salah satu panitia acara di akhir wawancara.

  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

About us

NeoMag is a blogging Blogger theme featuring a sleek, stylish and modern design suitable for everyone who loves to share their stuff online.

Mengenai Saya

Foto saya
Kami adalah PERSMANDA, ekstrakulikuler jurnalistik man Demak. Blog ini merupakan salah satu karya kami, jadi silahkan menikmati dan jangan lupa tinggalkan tanggapanmu

Leadership Training Camp 2024

  Pramuka MAN Demak telah menggelar kegiatan Leadership Training Camp (LTC) yang bertempat di Bumi Perkemahan Candra Birawa pada tanggal 13-...

Cari Blog Ini

Cari Blog Ini